Monday, February 4, 2019

PRAKTIK PENGGUNAAN INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA


Setelah mengenal instrumen pengumpulan data, pada pembahasan bagian ini akan disajikan contoh-contoh praktek penggunaan instrumen pengumpulan data. Adapun contoh-contoh yang dipilih merupakan permasalahan-permasalahan yang sering terjadi dalam dunia pendidikan dan terkait juga dengan bidang penelitian, khususnya pelaksanaan pembelajaran.

CONTOH 1
Pada contoh ini, dilakukan pengamatan terhadap aspek ketekunan mahasiswa selama mengikuti 4 kali pertemuan perkuliahan. Ketekunan sifatnya kualitatif, sehingga instrumen ini merupakan suatu instrumen untuk pengamatan yang tujuannya memperoleh data kualitatif.

TABEL 3.4.1 CONTOH  FORMAT INSTRUMEN UNTUK MENGUKUR KETEKUNAN 5 ORANG MAHASISWA SELAMA MENGIKUTI 4 KALI PERTEMUAN PERKULIAHAN SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2016-2017

1, 2, 3, 4 : pertemuan perkuliahan ke- 1 sampai 4
BERI TANDA (√) PADA KOLOM SESUAI HASIL PENGAMATAN ANDA PADA.MASING-MASING PERTEMUAN!



No

Nama Mahasiswa
Ketekunan

Kesimpulan
Tinggi
Sedang
Rendah
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Adi








Tinggi
2
Ika








Tinggi
3
Dedi








Sedang
4
Sinta








Sedang
5
Yuli








Rendah

KETERANGAN:

  •  Ketekunan tinggi apabila seluruh peristiwa dalam pengamatan menunjukkan bahwa mahasiswa tampak fokus dalam menyelesaikan tugas atau mengikuti penjelasan dosen.
  • Ketekunan sedang apabila sebagian besar peristiwa dalam pengamatan menunjukkan bahwa mahasiswa tampak fokus dalam menyelesaikan tugas atau mengikuti penjelasan dosen
  • Ketekunan rendah apabila sebagian kecil peristiwa dalam pengamatan menunjukkan bahwa mahasiswa tampak fokus dalam menyelesaikan tugas atau mengikuti penjelasan dosen.
  • Kesimpulan dibuat berdasarkan frekuensi (banyak centang) pada aspek kategori pengamatan: tinggi, sedang, atau rendah.

CONTOH 2
Akan dilakukan pengamatan tentang sikap 10 orang mahasiswa terhadap mata kuliah statistik pendidikan menggunakan instrumen skala likert, untuk format instrumen yang akan digunakan oleh peneliti adalah seperti yang terlihat pada tabel di bawah ini.


TABEL 3.4.2 INSTRUMEN SKALA LIKERT SIKAP MAHASISWA TENTANG
 MATA KULIAH STATISTIK PENDIDIKAN

Berilah jawaban pertanyaan berikut sesuai dengan pendapat anda, dengan cara memberikan tanda (√) pada kolom yang tersedia!.


No

PERTANYAAN
JAWABAN
SS
ST
RG
TS
STS
1.
Anda menyukai mata kuliah statistik pendidikan





2.
Proses belajar mata kuliah statistik pendidikan menyenangkan





3.
Saya merasa mudah memahami mata kuliah statistik pendidikan





4.
Saya selalu tekun mengerjakan soal-soal yang terdapat dalam buku ajar mata kuliah statistik pendidikan





5.
Saya setuju mata kuliah statistik pendidikan akan banyak gunanya





6.
Saya tertantang untuk mempelajari mata kuliah statistik pendidikan lebih dalam lagi





7.
Saya merasa mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan mata kuliah statistik pendidikan






Keterangan:

SS = sangat setuju (skor 5)
ST = setuju (skor 4)
RG = ragu-ragu (skor 3)
TS = tidak setuju (skor 2)
STS = sangat tidak setuju (skor 1)


Sebelum dilakukan analisa data, hasil checklist di atas dapat ditabulasikan terlebih dahulu. Misalkan hasil tabulasinya seperti pada tabel tabulasi data berikut.

TABEL 3.4.3 HASIL TABULASI DATA CHECKLIST

Responden
Skor Jawaban Responden
Untuk Pertanyaan Item Nomor

Jumlah
Skor
1
2
3
4
5
6
7
Mahasiswa 1
5
4
4
5
3
5
5
31
Mahasiswa 2
4
3
4
5
4
5
3
28
Mahasiswa 3
4
3
2
4
4
5
3
25
Mahasiswa 4
5
3
2
4
4
2
4
24
Mahasiswa 5
3
5
2
4
5
2
3
24
Mahasiswa 6
4
5
5
3
2
3
3
25
Mahasiswa 7
2
5
5
3
2
4
5
26
Mahasiswa 8
2
5
5
3
3
5
2
25
Mahasiswa 9
3
1
4
1
5
4
4
22
Mahasiswa 10
4
2
3
1
5
4
4
23
Jumlah
Skor
36
36
36
33
37
39
36

253

Apabila analisis dilakukan berdasarkan pertanyaan yang ada dalam checklist, misalkan dipilih pertanyaan no.1, jumlah total skor perolehan adalah 36 dan skor maksimal adalah 5 x 10 = 50.




Terlihat dari interval di atas, untuk pertanyaan 1 dengan skor 72 % berada dalam area setuju. Sehingga dapat dikatakan 10 responden menyukai mata kuliah statistik pendidikan.
Selain melakukan analisis seperti penjelasan di atas, kita dapat melakukan analisis berdasarkan sikap responden. Misalkan dipilih mahasiswa 1 sebagai subjek pengamatan. Jumlah skor perolehan yang diperoleh mahasiswa 1 dari tujuh item pertanyaan adalah 31. Skor maksimalnya 5 x 7 = 35. Perhitungan rata-rata skor perolehannya adalah sebagai berikut.




Sikap mahasiswa 1 terhadap 7 item pertanyaan checklist memiliki rata-rata skor perolehan 88,57 %, atau berada dalam area sangat setuju. Sehingga dapat dikatakan mahasiswa 1 memberikan sikap sangat setuju terhadap 7 item pertanyaan atau dapat diartikan mahasiswa tersebut memberikan respon yang sangat positif terhadap mata kuliah statistik pendidikan
 

CONTOH 3
Dalam contoh ini akan digunakan format semantik deferensial. Permasalahannya sama dengan contoh 2 sebelumnya, yakni sikap mahasiswa terhadap mata kuliah statistik pendidikan. Adapun format instrumennya seperti tabel berikut.

TABEL 3.4.4 INSTRUMEN SEMANTIK DEFERENSIAL SIKAP MAHASISWA
TENTANG MATA KULIAH STATISTIK PENDIDIKAN

             Beri tanda lingkaran pada aspek-aspek penilaian berikut sesuai dengan
             pendapat  anda!

Belajar tentang statistik pendidikan

Menyukai
5
4
3
2
1
Membenci
Menyenangkan
5
4
3
2
1
Membosankan
Mudah memahami
5
4
3
2
1
Sulit memahami
Sungguh-sungguh
5
4
3
2
1
Ogah-ogahan
Banyak gunanya
5
4
3
2
1
Sia-sia
Tertantang
5
4
3
2
1
Tidak tertantang/
Tidak ingin tahu
Merasa mampu
5
4
3
2
1
Gagal

       Catatan: 5 berarti sangat positif(SP), 4 berarti positif (P), 
                     3 berarti  netral(NT), 2 berarti negatif (N), 
                     dan 1 berarti sangat negatif (SN).

Cheklist akan diberikan kepada 8 mahasiswa. Setelah diberikan, diperoleh hasil tabulasinya dalam tabel di bawah.


TABEL 3.4.5 HASIL TABULASI DATA CHECKLIST

Responden
Skor Jawaban Responden
Untuk Pertanyaan Item Nomor

Jumlah
Skor
1
2
3
4
5
6
7
Mahasiswa 1
4
4
4
5
3
5
5
30
Mahasiswa 2
4
3
5
5
4
5
3
29
Mahasiswa 3
4
3
2
4
4
5
2
24
Mahasiswa 4
5
5
2
4
4
2
4
26
Mahasiswa 5
3
5
1
4
5
2
3
23
Mahasiswa 6
4
5
5
3
5
3
3
28
Mahasiswa 7
2
4
5
3
2
4
5
25
Mahasiswa 8
2
5
5
3
3
4
2
24
Jumlah
Skor
28
34
29
31
30
30
27

209

Apabila analisis dilakukan berdasarkan pertanyaan yang ada dalam checklist, misalkan dipilih pertanyaan no.7, jumlah total skor perolehan adalah 27 dan skor maksimal adalah 5 x 8 = 40.





Terlihat dari interval di atas, untuk pertanyaan 7 diperoleh rata-rata skor 67,5 %, yang berada dalam area posistif. Sehingga dapat dikatakan 8 responden memberikan tanggapan positif dengan merasa mampu ketika belajar mata kuliah statistik pendidikan.

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik; Edisi Revisi 2010. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.2012. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

No comments:

Post a Comment