Setelah mengenal instrumen
pengumpulan data, pada pembahasan bagian ini akan disajikan contoh-contoh praktek
penggunaan instrumen pengumpulan data. Adapun contoh-contoh yang dipilih
merupakan permasalahan-permasalahan yang sering terjadi dalam dunia pendidikan
dan terkait juga dengan bidang penelitian, khususnya pelaksanaan pembelajaran.
CONTOH 1
Pada contoh ini, dilakukan pengamatan terhadap aspek
ketekunan mahasiswa selama mengikuti 4 kali pertemuan perkuliahan. Ketekunan
sifatnya kualitatif, sehingga instrumen ini merupakan suatu instrumen untuk pengamatan
yang tujuannya memperoleh data kualitatif.
TABEL 3.4.1 CONTOH FORMAT INSTRUMEN UNTUK MENGUKUR KETEKUNAN 5
ORANG MAHASISWA SELAMA MENGIKUTI 4 KALI PERTEMUAN PERKULIAHAN SEMESTER GANJIL
TAHUN AJARAN 2016-2017
1, 2, 3, 4 : pertemuan perkuliahan ke- 1
sampai 4
BERI TANDA (√) PADA KOLOM SESUAI HASIL
PENGAMATAN ANDA PADA.MASING-MASING
PERTEMUAN!
No
|
Nama Mahasiswa
|
Ketekunan
|
Kesimpulan
|
|||||||||||
Tinggi
|
Sedang
|
Rendah
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Adi
|
√
|
√
|
√
|
√
|
Tinggi
|
||||||||
2
|
Ika
|
√
|
√
|
√
|
√
|
Tinggi
|
||||||||
3
|
Dedi
|
√
|
√
|
√
|
√
|
Sedang
|
||||||||
4
|
Sinta
|
√
|
√
|
√
|
√
|
Sedang
|
||||||||
5
|
Yuli
|
√
|
√
|
√
|
√
|
Rendah
|
KETERANGAN:
- Ketekunan tinggi apabila seluruh peristiwa dalam pengamatan menunjukkan bahwa mahasiswa tampak fokus dalam menyelesaikan tugas atau mengikuti penjelasan dosen.
- Ketekunan sedang apabila sebagian besar peristiwa dalam pengamatan menunjukkan bahwa mahasiswa tampak fokus dalam menyelesaikan tugas atau mengikuti penjelasan dosen
- Ketekunan rendah apabila sebagian kecil peristiwa dalam pengamatan menunjukkan bahwa mahasiswa tampak fokus dalam menyelesaikan tugas atau mengikuti penjelasan dosen.
- Kesimpulan dibuat berdasarkan frekuensi (banyak centang) pada aspek kategori pengamatan: tinggi, sedang, atau rendah.
CONTOH 2
Akan dilakukan pengamatan tentang sikap 10 orang
mahasiswa terhadap mata kuliah statistik pendidikan menggunakan instrumen skala
likert, untuk format instrumen yang akan digunakan oleh peneliti adalah seperti
yang terlihat pada tabel di bawah ini.
TABEL 3.4.2 INSTRUMEN SKALA LIKERT SIKAP MAHASISWA
TENTANG
MATA KULIAH
STATISTIK PENDIDIKAN
Berilah jawaban pertanyaan berikut sesuai dengan pendapat anda, dengan cara
memberikan tanda (√) pada kolom yang tersedia!.
No
|
PERTANYAAN
|
JAWABAN
|
||||
SS
|
ST
|
RG
|
TS
|
STS
|
||
1.
|
Anda menyukai mata kuliah statistik pendidikan
|
|||||
2.
|
Proses belajar mata kuliah statistik pendidikan menyenangkan
|
|||||
3.
|
Saya merasa mudah memahami mata kuliah statistik pendidikan
|
|||||
4.
|
Saya selalu tekun mengerjakan soal-soal yang terdapat dalam buku ajar
mata kuliah statistik pendidikan
|
|||||
5.
|
Saya setuju mata kuliah statistik pendidikan akan banyak gunanya
|
|||||
6.
|
Saya tertantang untuk mempelajari mata kuliah statistik pendidikan lebih
dalam lagi
|
|||||
7.
|
Saya merasa mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan mata kuliah
statistik pendidikan
|
Keterangan:
SS = sangat setuju (skor 5)
ST = setuju (skor 4)
RG = ragu-ragu (skor 3)
TS = tidak setuju (skor 2)
STS = sangat tidak setuju (skor 1)
Sebelum dilakukan analisa data, hasil checklist di
atas dapat ditabulasikan terlebih dahulu. Misalkan hasil tabulasinya seperti
pada tabel tabulasi data berikut.
TABEL 3.4.3 HASIL TABULASI DATA
CHECKLIST
Responden
|
Skor Jawaban Responden
Untuk Pertanyaan Item Nomor
|
Jumlah
Skor
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
||
Mahasiswa 1
|
5
|
4
|
4
|
5
|
3
|
5
|
5
|
31
|
Mahasiswa 2
|
4
|
3
|
4
|
5
|
4
|
5
|
3
|
28
|
Mahasiswa 3
|
4
|
3
|
2
|
4
|
4
|
5
|
3
|
25
|
Mahasiswa 4
|
5
|
3
|
2
|
4
|
4
|
2
|
4
|
24
|
Mahasiswa 5
|
3
|
5
|
2
|
4
|
5
|
2
|
3
|
24
|
Mahasiswa 6
|
4
|
5
|
5
|
3
|
2
|
3
|
3
|
25
|
Mahasiswa 7
|
2
|
5
|
5
|
3
|
2
|
4
|
5
|
26
|
Mahasiswa 8
|
2
|
5
|
5
|
3
|
3
|
5
|
2
|
25
|
Mahasiswa 9
|
3
|
1
|
4
|
1
|
5
|
4
|
4
|
22
|
Mahasiswa 10
|
4
|
2
|
3
|
1
|
5
|
4
|
4
|
23
|
Jumlah
Skor
|
36
|
36
|
36
|
33
|
37
|
39
|
36
|
253
|
Apabila analisis dilakukan
berdasarkan pertanyaan yang ada dalam checklist, misalkan dipilih pertanyaan
no.1, jumlah total skor perolehan adalah 36 dan skor maksimal adalah 5 x 10 =
50.
Terlihat dari interval di atas, untuk pertanyaan 1
dengan skor 72 % berada dalam area setuju. Sehingga dapat dikatakan 10 responden
menyukai mata kuliah statistik pendidikan.
Selain melakukan analisis seperti penjelasan
di atas, kita dapat melakukan analisis berdasarkan sikap responden. Misalkan
dipilih mahasiswa 1 sebagai subjek pengamatan. Jumlah skor perolehan yang
diperoleh mahasiswa 1 dari tujuh item pertanyaan adalah 31. Skor maksimalnya 5
x 7 = 35. Perhitungan rata-rata skor perolehannya adalah sebagai berikut.
Sikap
mahasiswa 1 terhadap 7 item pertanyaan checklist memiliki rata-rata skor
perolehan 88,57 %, atau berada dalam area sangat setuju. Sehingga dapat
dikatakan mahasiswa 1 memberikan sikap sangat setuju terhadap 7 item pertanyaan
atau dapat diartikan mahasiswa tersebut memberikan respon yang sangat positif
terhadap mata kuliah statistik pendidikan
CONTOH 3
Dalam contoh ini akan digunakan format semantik
deferensial. Permasalahannya sama dengan contoh 2 sebelumnya, yakni sikap
mahasiswa terhadap mata kuliah statistik pendidikan. Adapun format instrumennya
seperti tabel berikut.
TABEL 3.4.4 INSTRUMEN SEMANTIK DEFERENSIAL SIKAP
MAHASISWA
TENTANG MATA KULIAH STATISTIK PENDIDIKAN
Beri tanda lingkaran pada
aspek-aspek penilaian berikut sesuai dengan
pendapat anda!
Belajar tentang statistik
pendidikan
|
||||||
Menyukai
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Membenci
|
Menyenangkan
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Membosankan
|
Mudah memahami
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Sulit memahami
|
Sungguh-sungguh
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Ogah-ogahan
|
Banyak gunanya
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Sia-sia
|
Tertantang
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Tidak tertantang/
Tidak ingin tahu
|
Merasa mampu
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Gagal
|
Catatan: 5 berarti sangat
positif(SP), 4 berarti positif (P),
3 berarti netral(NT), 2 berarti negatif (N),
dan 1 berarti sangat negatif (SN).
3 berarti netral(NT), 2 berarti negatif (N),
dan 1 berarti sangat negatif (SN).
Cheklist akan diberikan kepada 8 mahasiswa. Setelah
diberikan, diperoleh hasil tabulasinya dalam tabel di bawah.
TABEL 3.4.5 HASIL TABULASI DATA
CHECKLIST
Responden
|
Skor Jawaban Responden
Untuk Pertanyaan Item Nomor
|
Jumlah
Skor
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
||
Mahasiswa 1
|
4
|
4
|
4
|
5
|
3
|
5
|
5
|
30
|
Mahasiswa 2
|
4
|
3
|
5
|
5
|
4
|
5
|
3
|
29
|
Mahasiswa 3
|
4
|
3
|
2
|
4
|
4
|
5
|
2
|
24
|
Mahasiswa 4
|
5
|
5
|
2
|
4
|
4
|
2
|
4
|
26
|
Mahasiswa 5
|
3
|
5
|
1
|
4
|
5
|
2
|
3
|
23
|
Mahasiswa 6
|
4
|
5
|
5
|
3
|
5
|
3
|
3
|
28
|
Mahasiswa 7
|
2
|
4
|
5
|
3
|
2
|
4
|
5
|
25
|
Mahasiswa 8
|
2
|
5
|
5
|
3
|
3
|
4
|
2
|
24
|
Jumlah
Skor
|
28
|
34
|
29
|
31
|
30
|
30
|
27
|
209
|
Apabila analisis dilakukan
berdasarkan pertanyaan yang ada dalam checklist, misalkan dipilih pertanyaan
no.7, jumlah total skor perolehan adalah 27 dan skor maksimal adalah 5 x 8 =
40.
Terlihat dari interval di atas, untuk pertanyaan 7 diperoleh
rata-rata skor 67,5 %, yang berada dalam area posistif. Sehingga dapat
dikatakan 8 responden memberikan tanggapan positif dengan merasa mampu ketika
belajar mata kuliah statistik pendidikan.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto,
Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktik; Edisi Revisi 2010. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono.
2010. Statistika Untuk Penelitian.
Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.2012.
Metode Penelitian kuantitatif,
kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
No comments:
Post a Comment